Tentang Kami

Rumah Kandara (Konsultasi Anak dan Keluarga) adalah sebuah komunitas berisikan para praktisi psikologi dari berbagai bidang yang memiliki misi ingin menjadi bagian dari support system untuk kesehatan mental masyarakat. Melalui program-program yang dibuat, kami berharap dapat mengamalkan ilmu dan pengalaman yang dimiliki agar bermanfaat bagi banyak orang terutama individu yang membutuhkan. Rumah Kandara juga dapat menjadi tempat berkonsultasi terkait permasalahan psikologis baik untuk anak, remaja, maupun dewasa. 

 

mischaedit

Mischa Indah Mariska, M.Psi., Psikolog.

Kecintaan Mischa terhadap dunia anak sudah muncul dari semenjak duduk di bangku kuliah Sarjana di Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung. Ia banyak melakukan aktivitas yang melibatkan interaksi dengan anak seperti menjadi asisten psikolog di sebuah sekolah inklusi di Bandung dan fasilitator pelatihan anak. Dari beberapa pengalaman tersebut ia merasa bahwa setiap anak memiliki keunikan masing-masing sehingga memerlukan pendekatan yang berbeda. Ia juga menemukan bahwa pola kepribadian individu dewasa banyak dipengaruhi oleh proses tumbuh kembang saat kecil mulai dari pola interaksi dengan orangtua dan lingkungan sosial. Hal tersebut kemudian mendorongnya untuk memperdalam ilmunya dengan melanjutkan studi ke Magister Profesi Klinis Anak Universitas Indonesia.

Setelah lulus dan menjadi seorang psikolog anak sekaligus seorang ibu, Mischa ingin mengajak para orangtua untuk bersama-sama memperkaya ilmu tentang pengasuhan dan pendidikan bagi anak dan remaja melalui Rumah Kandara. Ia yakin bahwa kunci utama yang menentukan kesejahteraan dan kesuksesan anak di masa depannya bersumber dari pola relasi yang sehat sejak dini antara anak dengan orangtua didukung lingkungan positif tempat anak bertumbuh dan berkembang.

myrnaedit

Myrna Anissaniwaty, M.Psi., Psikolog

Myrna adalah seorang psikolog pendidikan lulusan Magister Profesi Psikologi di Universitas Islam Bandung. Ketertarikannya terhadap dunia pendidikan dimulai ketika ia bergabung menjadi tim konselor di Bimbingan dan Konseling ITB di tahun 2012. Dalam perjalanannya menjadi seorang psikolog ia menemukan bahwa pendidikan pada anak sejak dini bisa dengan mudah diterapkan melalui media bermain. Ia yakin bahwa untuk meningkatkan minat belajar serta memaksimalkan potensi anak salah satunya adalah dengan memanfaatkan media bermain.
Myrna sudah memiliki pengalaman di beberapa biro dan lembaga sekolah. Setelah menjalani peran sebagai seorang Ibu, Ia menerapkan konsep mindfulness pada aktivitas sehari-harinya termasuk dalam menjalani praktik profesinya.
Konsep tersebut menurutnya mampu memfasilitasi para Ibu menyadari serta menerima segala hal yang menghambatnya dalam mencapai tujuan pengasuhan.

Dila-WEB

Fadila Nisa Ul Hasanah, M.Psi., Psikolog
Berawal dari keinginannya memperdalam ilmu dan melakukan interpretasi data alat pemeriksaan psikologi untuk melakukan diagnosis psikologis, melakukan konseling, dan psikoterapi membuatnya melanjutkan pendidikan Magister Profesi Psikologi Klinis  Dewasa Universitas Islam Bandung. Setelah lulus dan bergabung dalam tim konselor Lembaga Bimbingan Konseling ITB pada tahun 2018, ia menemukan banyak kasus berawal dari kekeliruan pola asuh orang tua yang membuat anak menjadi bermasalah. Namun setiap manusia memiliki daya upaya untuk mengubah dirinya menjadi lebih adaptif dalam menghadapi permasalahan hidupnya. Salah satu cara yang mampu dilakukan yaitu dengan cara memodifikasi pikiran yang dimiliki. Oleh karena itu, pendekatan yang dilakukan adalah Cognitive Behavioral Therapy. Selain itu materi mengenai Tipologi Kepribadian Millon sangat menarik baginya dan menjadi salah satu pembahasan dalam melakukan konseling dan diagnosis.
Reno-WEB
Reno Fitria Sari, S. Psi., M. Si
Reno yang merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Sejak kecil sudah tertarik dengan hal yang tidak biasa disukai oleh kebanyakan orang. Saat Reno bersekolah strata satu jurusan psikologi ia merasa bahwa ilmu ini dapat diterapkan ke bidang ilmu dimana psikologi dapat berperan penting untuk mengungkap sesuatu, terutama dalam bidang scientic. Dorongan ini diperkuat dengan kesenangan Reno dalam mencari suatu dorongan atas munculnya tindakan tertentu didukung oleh kesenangannya menonton film detektif, criminal mind, CSI maupun crime movie lainnya.
Setelah menyelesaikan sekolah S1 nya, Reno melanjutkan kuliahnya di bidang forensic science di Universitas Airlangga. Usaha Reno dalam mewujudkan keinginan besarnya untuk dapat menyusun usaha preventif, present treatment dan evaluative bagi kasus kriminal terlihat dalam tulisan akhirnya mengenai Criminal Profiling of Pedophilia in East Java. Reno berharap seluruh masyarakat terutama rakyat Indonesia dapat memahami mengenai tindakan kriminal, dapat mencegahnya dan mengajak seluruh ilmu pengetahuan untuk dapat menekan angka kejahatan yang terjadi di Indonesia.
Rajab-WEB
Rajab Cipta Lestari, S. Psi
Rasa keingintahuan Rajab mengenai dunia pendidikan dimulai semenjak kuliah di Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung. Melalui pengalaman Rajab mengikuti mata kuliah praktek dan magang selama 2 tahun di SLB, membuatnya memantapkan hati untuk melanjutkan studi di Unisba dengan majoring pendidikan.
Hal yang membuat Rajab tertarik dengan bergabung sebagai kontributor di Rumah Kandara adalah, ia merasa bisa belajar hal-hal di luar perkuliahan. Seperti sharing session dengan orangtua di kelas bermain Tepuk Riang, hal tersebut baginya melatih skill untuk cepat tanggap dalam menjawab pertanyaan dari orang-orang yang butuh informasi psikologi yang tentunya ingin memperoleh jawaban secara aplikatif bukan hanya sekedar teoritik. Semoga Rumah Kandara bisa semakin besar, dan semakin menjadi bagian dari support system di lingkungan sekitar Aamiin.
Tide-WEB
Tiara Delia Madyani, S. Psi
Rasa keingintahuan mengenai ilmu psikologi dimulai semenjak Tiara duduk di bangku SMA. Teman-temannya mengatakan kalau dirinya adalah “tempat” yang pas untuk curhat. Tiara kemudian menempuh bangku kuliah di Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia dan memiliki ketertarikan pada bidang klinis dan perkembangan anak. Hal ini karena masa-masa perkembangan anak merupakan masa yang penting untuk dapat menjadi orang dewasa yang matang secara fisik dan mental. Setelah lulus, Tiara yang ingin lebih mendalami tentang psikologi anak kemudian melanjutkan pendidikannya di magister profesi psikologi pendidikan di Universitas Islam Bandung. Dalam perjalanan di profesi inilah Tiara berkenalan dengan Rumah Kandara. Di sini Tiara menjadi kontributor dan banyak mempelajari hal-hal baru yang tidak ia temukan di kuliah seperti ketika sharing session dengan orangtua, menjadi pemateri di program #ruangceritakita, menulis artikel-artikel dan banyak lagi. Semoga Rumah Kandara yang sudah menjadi #supportsystem bagi saya juga dapat menjadi #supportsystem bagi orang-orang lain dalam menjalani dan mengembangkan dirinya.
Lindy-WEB
Lindyani Anissa, S. Psi

Dalam dunia anak, selalu ada hal yang unik dan justru dari anak lah kita bisa belajar banyak hal. Ada kebahagiaan tersendiri ketika kita berinteraksi dan melihat setiap tingkah polahnya, terlebih ketika ada hal baru yang kita lihat secara langsung. Hal inilah yang membuat Lindy ingin terjun ke dunia anak dan mempelajari perkembangan setiap anak.

Saat ini Lindy sedang menjalani perkuliahan di Magister Profesi Psikologi Pendidikan UNISBA. Pendidikan anak merupakan hal yang sangat menarik. Lindy seringkali bertemu anak saat ia akan seleksi masuk sekolah, dari sini Lindy melihat bahwa kebahagiaan anak di sekolah akan dibawa dari kebahagiaannya di rumah.

 

 

Clo-WEB

Clorinda Vinska, S. Psi

Kecintaan Clorinda pada dunia Psikologi berawal dari pandangannya terhadap banyaknya masalah di dunia ini yang dirasa kompleks. Ilmu Psikologi membuatnya terasa menjadi lebih mudah, dengan memahami apa yg terjadi, dengan memahami makna dan simbol, dan dengan mengatasi apa yg perlu diperbaiki dengan beragam pendekatan. Dengan keistimewaan ilmu ini membuat hidup menjadi lebih sejahtera.

Minat yang besar pada dunia anak-anak pun semakin bertambah kuat ketika ia menjalani perkuliahan Profesi Psikologi di Universitas Islam Bandung. Kecintaannya dengan dunia anak dan remaja menjadi minatnya pada dunia pendidikan dikarenakan masa anak-anak dapat diupayakan untuk dapat berkembang dengan optimal bila mendapatkan stimulasi yang tepat. Selain itu, masalah yang diusahakan untuk diperbaiki sedari kecil memiliki dampak positif untuk perkembangan individu. Hal ini dapat terjalin dengan kerja sama antara orang tua, psikolog, dan juga profesional lain yang terkait untuk mendukung anak mencapai perkembangan yang optimal.

Clorinda berfokus pada isu-isu masalah belajar, kematangan sekolah, prestasi sekolah anak & remaja, minat & bakat, serta berbagai isu perilaku di sekolah.

 

Tsana-WEB

Tsana Ulfah Ullaya, S. Psi

Awalnya Tsana tidak memiliki minat untuk kuliah di jurusan Psikologi. Namun setelah masuk dan menjalani perkuliahan lambat laun Tsana mulai menemukan ketertarikannya pada dunia psikologi. Menurutnya psikologi adalah ilmu yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, khususnya bagaimana manusia beradaptasi, mempersepsikan hidup dan berelasi dengan orang lain.

Ketika masih mengenyam pendidikan S1 psikologi, Tsana sudah mulai menaruh perhatian lebih dalam bidang psikologi klinis dewasa. Dari mulai pengambilan mata kuliah pilihan, sampai tema skripsi yang diambilnya. Selain itu Tsana juga seringkali berpartisipasi sebagai fasilitator dalam banyak kegiatan training baik untuk komunitas maupun perusahaan.

 

Rai-WEB

Raiguna Sonjaya, S. Psi

Ketertarikan Rai terhadap dunia psikologi dimulai semenjak ia menempuh pendidikan ilmu psikologi di Universitas Islam Bandung. Meskipun sebelumnya ia menaruh minat pada bidang kedokteran, namun lambat laun rasa ketertarikan, penasaran dan semangatnya untuk menekuni psikologi semakin besar karena ia merasa ilmu tersebut sangat bermanfaat dan bersinggungan dengan kehidupannya sehari-hari. Seiring berjalannya waktu Rai pun kembali menemukan ketertarikan dengan konsentrasi ilmu psikologi klinis dewasa dan hal itu yang membuatnya mantap untuk melanjutkan pendidikan di Magister Profesi Psikologi Klinis Dewasa di Universitas Islam Bandung.

Selain menjadi mahasiswa profesi, saat ini Rai juga tergabung sebagai kontributor di Rumah Kandara, alasannya karena Rai ingin lebih jauh mengembangkan diri dan belajar lebih banyak tidak hanya dari lingkungan kampus tetapi juga dari lingkungan luar kampus. Bagi Rai, Rumah kandara menjadi tempat keduanya setelah kampus untuk belajar dan mengembangkan diri karena Rumah Kandara merupakan tempat yang menurut saya nyaman, terbuka, menjadi support system saya dan memiliki berbagai program yang dapat membantunya mengembangkan diri. Selain belajar, Rai juga diberikan kesempatan untuk saling share ilmu dan bertukar pikiran khususnya mengenai ilmu yang ia pelajari dengan kontributor lainnya. Semoga Rumah Kandara semakin maju dan berkembang serta bisa menjadi support system bukan hanya bagi para kontributor tetapi bagi masyarakat luas.

 

Nida-WEB

Nida Nabila Sodikin, S. Psi

Nida adalah salah satu kontributor di Rumah Kandara yang sedang menjalani masa studi di Magister Profesi Psikologi Pendidikan UNISBA. Nida sangat tertarik dengan dunia psikologi terutama di bidang anak dan pendidikan dari semenjak masih berkuliah sarjana di psikologi unisba. Menurutnya, pendidikan dan anak adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Berikan pendidikan yang baik sejak dini maka kelak kita akan menumbuhkan anak dengan karakter yang baik pula.

Nida bergabung dirumah kandara karena ia merasa dapat banyak belajar mengenai dunia psikologi pendidikan terutama anak, baik dari para psikolog-psikolog di Rumah Kandara, teman-teman kontributor dan dari para orangtua atau  yang sering sharing dengan kami.

 

Anti-WEB

 

Prilianti Putri Lestari, S. Psi

Dengan mendengar cerita dari orang lain serta pengalaman yang dialami sendiri, Prilianti atau yang akrab disapa Anti ini mulai menyadari dan tertarik dengan bagaimana individu memiliki perilaku serta keunikannya masing-masing. Hal ini membuatnya tertarik dengan bidang psikologi sejak ia duduk di bangku sekolah sampai akhirnya ia menempuh pendidikan Sarjana di Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung. Ketertarikan itu membuatnya ingin mendalami lebih jauh terkait bagaimana seseorang terbentuk. Ia percaya bahwa bagaimana pun masa lalu yang pernah dialami, setiap orang pasti memiliki kekuatannya masing-masing. Oleh karena itu, saat ini Anti sedang melanjutkan pendidikan Magister Profesi Klinis Dewasa Universitas Padjadjaran.