MOVE ON

Ditulis Oleh: Clorinda Vinska, S. Psi., M. Psi., Psikolog

Melakukan move on merupakan salah satu bentuk kepedulian kita pada well-being dan kebahagiaan diri kita sendiri lho sobat RK!

Ketika sebuah hubungan berakhir, atau ketika orang yang kita cintai tidak memiliki perasaan yang sama, kita cenderung merasa kalau hidup tidak ada artinya lagi dan merasa kita tidak akan pernah tertawa, tersenyum, atau siap untuk mencintai lagi. Cinta adalah sebuah hadiah yang dapat membawa kesedihan dan juga kebahagiaan. Dibutuhkan keberanian untuk mengangkat dirimu dari perspektif soal memiliki, dan memulai lagi dari awal.

“Your emotions shouldn’t paralyze you. They shouldn’t be defensive. They shouldn’t stop you from being everything you can be” -Wayne W. Dyer-

Yap, move on memang tidak akan menghapus masa lalu, tetapi dapat membantu kita untuk mengatasi kegelisahan yang kita rasakan ketika kita belajar untuk bangkit dari masa lalu. Move on menggabungkan kesedihan, kekecewaan, dan ketidakadilan yang ada dalam hidup sehingga hal-hal tersebut tidak lagi menjadi
penghalang dalam hidup, tetapi menjadi fondasi agar kita bisa tumbuh. Ada penelitian yang menunjukkan kalau sistem saraf manusia itu dapat terkoneksi dengan sangat baik jika berada di dalam sebuah relasi yang sehat dengan manusia lain. Itulah kenapa penting bagi kamu untuk bisa menjalin relasi yang kembali
setelah hubunganmu terlah berakhir, yuk MOVE ON!

Berikut beberapa langkah bagaimana untuk move on ya sobat RK:
a. Feel the feelings
Terima segala bentuk perasaan ini, karena ini adalah suatu proses penyembuhan. Terima perasaan sedih, marah, atau ketakutan yang sedang kamu rasakan saat ini. Jangan biarkan inner critic muncul. (Inner critic
merupakan suara-suara yang muncul dalam pikiran kita, jika suara-suara ini mengatakan hal yang kurang baik harus dilawan ya sobat RK!).
b. Find a support system
Carilah orang-orang yang dapat membuat kita dapat lebih terbuka, jujur, dan nyaman ketika mengeluarkan emosi-emosi tersebut. Sehingga membuatmu merasa tidak terlalu kesepian dengan rasa sakitmu dan akan membuat untuk sembuh.
c. Let go of fantasy
Banyak orang yang jatuh cinta dengan impian ideal dari pasangan mereka, atau hanya sekedar ide dari jatuh cinta itu sendiri dibandingkan dengan kenyataan yang ada dari pasangannya. Hindari memimpikan sesuatu yang terlalu sempurna karena akan membuat kita fokus pada aspek-aspek yang bagus saja dan membuat kita semakin sulit untuk menerima kenyataan kalau sesuatu sudah berakhir atau pergi. Fantasi yang sering buat membuat kita susah move on karena kita bukan hanya kehilangan seseorang atau sesuatu, tapi juga fantasi akan hal-hal tersebut.
d. Self care
Jangan lupa unutk merawat diri ya sobat RK! Ketika putus cinta, kita seringkali tidur terlalu lama atau bahkan tidak tidur, makan terlalu sedikit makan atau bahkan terlalu banyak makan, mengkonsumsi alkohol, atau mengikuti kegiatan yang dapat mempertajam emosi negatif kita. Mulailah istirahat yang cukup dan memakan makanan yang sehat untuk mengembalikan tenaga agar kita lebih sehat dan pikiran lebih jernih.
e. Look at your life as a journey
Akhir dari sesuatu bukanlah akhir dari segalanya. Ini merupakan kesempatan untuk tumbuh, berkembang, dan berubah. Sehingga kamu memiliki harapan untuk hubungan di masa depan. Dan inilah saatnya kamu melakukan sesuatu yang dulu ingin kamu lakukan tapi tidak bisa atau tidak diperbolehkan, seperti mencoba olahraga baru, volunteer, berpergian ke kota-kota baru, dan aktivitas-aktivitas positif lainnya.

Referensi :
https://www.psychalive.org/how-to-move-on/
https://exploringyourmind.com/grieving-relapse-when-we-cant-move-on/
https://www.bolde.com/might-not-seem-like-12-things-emotional-abuse/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s