Pet Attachment

Ditulis Oleh: Rajab Cipta Lestari, S. Psi

Apakah sobat RK suka dengan binatang? Atau ada yang sampai memelihara binatang tersebut? Tahukah sobat RK, ternyata memelihara binatang memiliki manfaat bagi kesehatan diri kita. Fakta bahwa ikatan manusia-dan-peliharaannya dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental pemilik hewan peliharaan. Kepemilikan hewan peliharaan dapat memiliki efek penyembuhan tertentu, termasuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Sebuah penelitian, dari University of New England di Australia, menemukan bahwa pemilik kucing memiliki lebih sedikit gangguan kejiwaan dibandingkan mereka yang tidak memiliki teman kucing. Dan penelitian yang dilakukan di University of New York di Buffalo menemukan bahwa sakit hipertensi yang di deritanya menjadi membaik secara drastis setelah memiliki hewan peliharaan selama enam bulan.

Bowlby mengartikan attachment sebagai ikatan emosional yang berlangsung antar individu, individu berusaha untuk menjaga kedekatan dengan objek keterikatan dan bertindak untuk memastikan hubungan itu berlanjut. Pendapat lain menyebutkan bahwa attachment tidak hanya terbentuk antara anak dan orang tuanya saja, ada penelitian yang menunjukkan kedekatan (kelelakatan) hubungan antar ibu manusia dan anak kera. Kedekatan ini dinamakan dengan pet attachment, yang di definisikan sebagai kelekatan antarspesies diasumsikan berkembang dengan cara yang sama seperti ikatan antar manusia dalam memberikan keamanan dan perlindungan atau hubungan attachment timbal balik yang aman.

Faktor-faktor dalam pet attachment pertama adalah gender, perempuan cenderung memiliki tingkat attachment yang tinggi dibandingkan dengan laki-laki. Lalu yang kedua adalah jenis peliharaan yang dimiliki, memiliki pengaruh terhadap tingkat attachment seseorang. Terakhir yang ketiga, adalah waktu yang dihabiskan dengan hewan peliharaan. Semakin lama waktu yang dihabiskan dengan hewan tersebut, tingkat attachment akan semakin tinggi. Pet attachment memiliki manfaat diantaranya adalah :

1. Memiliki banyak efek positif untuk seluruh kalangan usia (dari anak-anak, dewasa dan orang lanjut usia). Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa pet attachment ini mengurangi kemungkinan terjadinya depresi pada lansia.

2. Dapat memberikan manfaat kesehatan dan juga social pada pemiliknya

3. Memberikan efek relaksasi dan rekreasi

4. Secara keseluruhan : meningkatkan kesehatan psikologis, meningkatkan kesehatan fisik,

hubungan social dan efek relaksasi & rekreasi

Dari kedekatan dengan hewan juga ternyata dapat memberikan efek positif bagi kesejahteraan

emosi kita, yang dapat memberikan rasa aman bagi diri kita sendiri.

Sumber :

Nugrahaeni, H. S. (2016). Hubungan antara pet attachment dengan kualitas hidup pada pemilik

hewan peliharaan. https://lib.unnes.ac.id/28616/1/1511411096.pdf

https://www.psychologytoday.com/intl/articles/200103/the-healing-power-pets

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s