Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Saat Menjalani Online Learning

Ditulis Oleh: Tiara Delia Madyani, S. Psi

Selama pandemi covid-19, belajar dengan media online merupakan hal yang harus si kecil jalani. Orang tua harus bisa berbagi peran untuk mendampingi si kecil belajar karena belum bisa belajar secara mandiri. Si kecil merasa bosan karena hanya duduk diam dan mengerjakan tugas sambil menatap layar laptop untuk mengikuti kelas online atau terkadang meninggalkan tempat duduknya dan membiarkan guru berbicara di laptop. Hal ini bukan merupakan tugas yang mudah bagi orang tua dan pendamping anak ketika mereka mengikuti sekolah online.

Hal yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar si kecil yaitu:

1. Tanyakan perasaan anak saat belajar online, tentukan apa yang ingin mereka capai saat mengikuti belajar online, dan cari tahu apa yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membantu mereka. JANGAN tanyakan materi pelajaran ketika mereka baru selesai sekolah online. Bahas apa yang mereka rasakan saat belajar online, apa yang membuat mereka senang dan tidak senang saat belajar online.

2. Berikan pujian atas usaha yang mereka lakukan untuk tetap mengikuti kegiatan belajar online hingga selesai.

3. Buat sebuah tempat khusus dimana anak ‘belajar’ seperti di sekolah. Orang tua dapat menyediakan meja, kursi, alat tulis dan rak buku di kamar atau ruang belajar khusus. Pastikan anak selalu menggunakan tempat tersebut saat sekolah online dan tidak berpindah-pindah tempat saat jam pelajaran berlangsung.

4. Buat jadwal belajar yang konsisten untuk si kecil. Sepakati kapan orang tua akan belajar bersama si kecil setelah sekolah online selesai. Bagi si kecil, selalu belajar di rumah adalah hal yang membosankan. Orang tua dapat mengecek pemahaman anak tentang materi sekolah saat jadwal belajar. Jika ternyata anak banyak melamun selama sekolah online, orang tua dapat berdiskusi dengan guru apa yang harus dilakukan orang tua selama mendampingi anak belajar.

5. Gunakan permainan edukasi untuk mestimulasi si kecil belajar. Saat ini banyak aplikasi permainan yang cukup memfasilitasi si kecil untuk membantunya belajar. Orang tua dapat menggunakan permainan tersebut saat istirahat ketika sekolah online atau saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru.

6. Perbolehkan anak sesekali berdiri atau keluar dari tempat duduknya. Si kecil perlu menggerakkan tubuhnya. Mereka terkadang tidak bisa duduk diam untuk waktu yang lama dan memfokuskan perhatiannya. Beberapa anak terkadang sesekali berdiri ketika mengerjakan tugasnya. Pertimbangkan untuk meletakkan laptop atau komputer diatas meja yang agak tinggi sehingga anak dapat berdiri sejajar dengan meja.

7. Jangan lupa bersenang-senang. Rencanakan aktivitas yang menyenangkan dan tidak melibatkan gadget bersama anak. Orang tua dan anak memiliki waktu yang cukup banyak untuk meningkatkan kualitas hubungan antara orang tua dan anak. Aktivitas yang dilakukan seperti bermain kartu, bermain peran bersama anak, atau pergi jalan-jalan keluar seperti ke taman dan tempat terdekat dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Sumber:

https://www.ispringsolutions.com/blog/5-e-learninga-tips-to-keep-younger-students-motivated

https://www.commonsensemedia.org/blog/keeping-kids-motivated-for-online-learning

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s