Menjadi Diri Sendiri: Menjadi Bahagia Saat Merasa Kesepian

Ditulis Oleh: Tiara Delia Madyani, S. Psi

Saat memasuki situasi baru, bukanlah hal yang mudah bagi kita untuk dapat langsung beradaptasi dengan lingkungan atau aturan yang ada di tempat yang asing bagi kita. Terkadang kita merasa ‘kesepian’ dan merindukan hal-hal yang biasa kita lakukan bersama orang-orang terdekat kita. Namun bagaimana jika mereka sibuk? Bagaimana jika kita tidak
menemukan waktu yang sesuai dengan mereka? Tentunya akan sulit untuk ‘menunggu’ waktu yang pas sedangkan emosi negatif kita perlu untuk segera ditangani.

Jawaban yang tepat untuk masalah ini adalah menemukan kebahagiaan kita sendiri. Bagaimana cara menemukannya? Terdapat beberapa strategi yang dapat dilakukan:

  1. Kenali emosi yang dirasakan saat mengalami kesendirian
    Kesendirian itu merupakan pengalaman yang netral dan bisa dirasakan oleh semua orang. Namun, emosi yang kita rasakan tergantung bagaimana cara kira memandang kesendirian itu. Kita mendapatkan emosi positif jika memandang dengan sendiri, kita dapat melakukan ‘me time’ dan fokus pada kegiatan-kegiatan yang membuat kita nyaman. Sebaliknya, kita mendapatkan emosi negatif jika kita memandang kesendirian sebagai hal buruk yang terjadi karena adanya kesalahan
    pada diri kita. Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah menerima bahwa kesendirian merupakan hal yang lumrah dan itu ban hal buruk karena kita tidak disukai orang lain atau ada yang salah pada diri kita. Jadi, fokuskan diri kita bahwa meski kita merasa sendiri, banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat diri bahagia.
  2. Kembangkan hubungan yang baik dengan diri sendiri
    Adalah sebuah kesalahan untuk berpikir bahwa hubungan yang baik akan terjalin saat memiliki relasi dengan orang lain. Terdapat sebuah pepatah yang mengatakan, “hubungan yang paling baik yang dimiliki seseorang adalah hubungan dengan diri sendiri.” Untuk meningkatkan hubungan yang baik dengan diri sendiri, kita harus mengetahui lebih baik tentang diri kita. Tanya diri kita tentang: nilai apa yang kita miliki dalam kehidupan kita? Apa yang sedang kita butuhkan saat ini? Apa yang harus kita selesaikan? Apa hal yang bisa kita lakukan? Dan sebagainya. Dengan mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut,
    kita dapat memulai langkah untuk mencapai tujuan kita.
  3. Ijinkan dirimu untuk melakukan apa yang menjadi passionmu.
    Ada banyak waktu kosong yang bisa dimanfaatkan dengan kegiatan-kegiatan yang kita sukai. Inilah waktunya kita menjadi diri sendiri, tanpa harus beradu argumentasi dengan orang lain saat kita sendiri. Kita dapat mencoba hal-hal baru yang sesuai dengan passion kita seperti nonton dua atau tiga film di bioskop dalam sehari, baca buku 7 seri harry potter dalam satu waktu, solo travelling, dan lain sebagainya.
  4. Kurangi penggunaan media sosial
    Sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa pengguna media sosial sebenarnya membuat Anda merasa lebih kesepian. Media sosial menciptakan kesan seolah Anda menjalin relasi, tetapi sebenarnya justru sebaliknya. Dalam buku Alone Together, psikolog sosial Sherry Turkle berpendapat adanya hiperkoneksivitas melalui media sosial yang membuat seseorang menjadi lebih terasing satu sama lain dalam kehidupan nyata. 
  5. Buat diri sendiri bangga
    Salah satu hal positif ketika kita merasa kesepian, kita bisa menjalani keseharian kita dengan standar yang kita tentukan sendiri. Kita bisa menentukan apa yang harus kita tuju, menjadi diri sendiri, mulai untuk merencanakan dan berupaya untuk mencapai standar tersebut sehingga timbul rasa bangga atas apa yang telah kita lakukan untuk diri kita sendiri.

Sumber:
https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-art-closeness/201601/the-fine-art-being-yourself
https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/cara-mengatasi-kesepian/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s