7 Cara Membuat Keputusan yang Baik

Ditulis Oleh: Raiguna Sonjaya, S. Psi

make-good-decisions-702x336

sumber gambar: aconsciousrethink.com

Tidak selalu mudah untuk mendapatkan suatu jawaban yang jelas dari sebuah pertanyaan.  Apalagi untuk membuat suatu keputusan dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Haruskah kamu mengambil pekerjaan yang kamu tahu kamu tidak akan nyaman padahal kamu akan dibayar lebih besar dari pekerjaan sebelumnya ? Haruskah kamu milih jurusan A dari pada jurusan B di perguruan tinggi tersebut ? Atau beberapa pertanyaan lainnya yang menuntutmu untuk membuat suatu keputusan.

Kali ini kita akan membahas bagaimana langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat keputusan yang cukup sulit

  1. Jika kamu mempunyai beberapa hal dan harus mengambil suatu keputusan. Ubah hal tersebut menjadi pertanyaan tertutup ( yang memiliki jawaban “iya” atau “tidak)

Contoh : haruskah aku mengambil pekerjaan di perusahaan asuransi tersebut ? haruskan aku menjauhi temanku ? haruskah aku pindah ke daerah lain ?

  1. Bagian kedua ini merupakan standar dalam membuat keputusan, buat dua kolom dalam secarik kertas atau buku catatan kamu. Kolom pertama untuk keuntungan yang akan didapat apabila mengambil keputusan tersebut dan kolom lainnya untuk kekurangan apabila kamu mengambil keputusan tersebut. catat semua keuntungan dan kekurangan yang dapat kamu pikirkan di kolom yang sudah dibuat. Coba tuliskan masing-masing setidaknya 10 sampai 12 catatan pada masing-masing kolom sampai kamu tidak dapat memikirkannya lagi.

 

  1. Periksa ketertarikan kamu pada hal yang kamu tulis. Setelah mencatat semua keuntungan dan kekurangan, periksa kembali yang kamu catat. Periksa kembali setiap kolom secara terpisah. Apakah kamu merasa  ada ketertarikan dengan satu item dan pada bagian mana kamu merasa tertarik  ? jika iya, buat catatan pada kolom tersebut. pada bagian ini kamu belum membuat keputusan. Tapi hanya melihat bagaimana reaksi kamu terhadap item tersebut.

 

  1. Setelah itu, coret semua item yang menurutmu belum tentu benar, sebagai contoh: saya terlalu tua untuk kembali bersekolah, orang-orang tidak akan mengerti dengan apa yang saya lakukan atau lain-lain.

 

Sebelum kita beralih ke cara berikutnya, pikirkan kembali beberapa nilai atau values yang kamu miliki, misalnya keluarga, kesehatan, komitmen, kejujuran, respek,  pengembangan personal diri kamu atau lainnya dan nilai yang mana yang menjadi urutan 5 teratas dalam diri kamu.

 

  1. Setelah kamu memiliki “pegangan” pada beberapa nilai atau values pribadi kamu, Kemudia lingkari beberapa item yang sesuai dengan nilai atau value yang kamu ambil.

 

  1. Garis bawahi item yang berfokus pada kekurangan berdasarkan nilai atau value yang kamu anut, misalkan “itu terlalu mahal” atau “itu tidak akan berjalan dengan baik” dan sebagainya. Ketika kita fokus pada kemungkinan kekurangan yang akan terjadi dibandingkan dengan apa yang akan kita dapatkan, kita akan beresiko untuk menghambat pertumbuhan diri kita sendiri.

 

  1. Hitung setiap item yang tidak dicoret atau tidak digaris bawahi dan jumlahkan di bagian bawah di masing-masing kolom.

Jika kamu sudah menjalani langkah-langkah diatas dan masih belum mendapatkan jawabannya, coba bertanya pada diri kamu sendiri beberapa pertanyaan berikut :

  • Apakah yang kamu tulis benar-benar tidak jelas atau hanya sulit untuk ditindak lanjuti ?
  • Siapa yang kamu takutkan akan mengalami kerugian atau terluka oleh keputusan yang kamu ambil ?
  • Apakah kamu harus memutuskan hal tersebut hari ini juga ?
  • Jika saya memutuskan berdasarkan apa yang saya rasakan hari ini daripada memikirkan apa yang akan saya rasakan di masa depan, apakah jawabannya akan jelas ?

Membuat suatu keputusan memang bukan hal yang mudah apalagi yang menyangkut hidup kita. ketika membuat suatu keputusan, hal yang paling masuk akal adalah mencoba untuk menyenangkan diri kita saat ini.

Source : Gilbert, D, (2007) Stumbling on Happiness. New York, NY: Vintage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s