Mengapa Kita Perlu “Me Time”?

Ditulis Oleh: Tiara Delia Madyani, S.Psi

Rumah berantakan, pakaian kotor belum dicuci, piring kotor menumpuk, tugas dari kantor atau kampus belum selesai dikerjakan. Satu kata yang menggambarkan kejadian itu adalah KACAU!. Tentunya, kita tidak bisa berpikir dengan baik untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas tersebut secara bersamaan. Beban kerja dirasakan terlalu berat dan kita belum bisa memilah mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Menurut OprahWinfrey, menyendiri itu adalah ketika kita menjauhkan diri dari suara-suara orang di sekitarku untuk mendengarkan suara sendiri. Berdasarkan pendapat dari Sherrie Bourg Carter Psy.D., ada beberapa alasan kita perlu waktu untuk menyendiri:

  1. Dengan menyendiri, Kita dapat menjadi orang yang lebih berbahagia. Kita dapat kembali “menyetel ulang” pikiran kita. Kita dapat menjadi fokus dalam memikirkan apa yang kita sukai dan apa yang akan kita lakukan untuk dapat menyegarkan pikiran dan tubuh kita.
  2. Selain itu, dengan menyendiri kita dapat memiliki waktu untuk berbicara dengan diri sendiri tentang masalah yang kita hadapi. Kita dapat melihat kembali jalan keluar apa yang efektif dalam menghadapi masalah.
  3. Menyendiri dapat memberikan insight tentang siapa kita, apa yang kita sukai dan tidak sukai, hobi yang bisa kita lakukan, karakter orang yang seperti apa yang cocok dan memahami kita, dan lain-lain. Kita jadi lebih memahami siapa diri kita dan bagaimana bisa menempatkan diri dengan baik di lingkungan.

Dibawah ini terdapat beberapa ide kegiatan ME TIME, yaitu:

  1. Disconnect. Luangkan waktu untuk tidak terhubung dengan siapapun atau apapun yang dapat mengganggu kita ketika kita sudah memutuskan untuk menyendiri. Matikan handphone, koneksi internet, dan jauhkan diri dari hal-hal yang membuat kita tidak fokus untuk beberapa saat. Selama itu, kita dapat melakukan hal-hal yang membuat kita kembali segar atau bahagia, misalnya menuliskan apa yang kita pikirkan, menonton film yang kita senangi, berolahraga, tidur nyenyak, pergi ke salon, dan sebagainya.
  2. Bangun lebih pagi dari biasanya. Ketika kita bangun lebih pagi dari orang lain di rumah, kita memiliki waktu untuk dapat merenungkan apa yang akan kita lakukan atau hal-hal yang telah terjadi pada kita. Selain itu, kita juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang mampu membuat kembali segar di awal pagi seperti meditasi.
  3. Tutup pintu. Di saat kita terlalu lelah dengan banyaknya hal, pergi ke sebuah ruangan lalu menutup pintu kamar atau ruangan tersebut dapat menjadi salah satu alternatif untuk menenangkan diri sejenak. Kita dapat duduk tenang, menghirup napas dalam-dalam sambil minum teh atau kopi.
  4. ME TIME saat makan siang. Cobalah untuk pergi ke taman atau tempat favorit saat waktu makan siang tanpa teman. Nikmati makanannya, pemandangannya, dan waktu sendirimu!.
  5. Merencanakan waktu untuk menyendiri. Jika kita ingin memiliki waktu untuk benar-benar menyendiri, kita dapat mencoba untuk menyusun jadwal kapan, kegiatan seperti apa, dan hal-hal apa saja yang harus kita persiapkan. Kita dapat membuat kegiatan itu seminggu sekali, sebulan sekali, atau pada waktu tertentu.

Sumber:
https://www.psychologytoday.com/us/blog/high-octane-women/201202/why-you-shouldnt-feel-guilty-about-stealing-little-time-yourself
https://www.psychologytoday.com/us/blog/high-octane-women/201201/6-reasons-you-should-spend-more-time-alone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s