Membantu Anak Mengatasi Masa Transisi Saat Mulai Masuk Sekolah

Ditulis Oleh: Narulita Shanti, S.Psi

Halo bunda! Tidak terasa ya sudah satu minggu anak-anak mulai sekolah. Banyak diantaranya yang baru memasuki PAUD/TK dan ada juga yang baru masuk ke SD. Mungkin hari-hari dimana sang buah hati sudah memasuki sekolah merupakan saat-saat yang dinanti oleh para orangtua dan anak, ada  perasaan senang sekaligus haru melihat anak yang dulunya kecil dan sepertinya tidak tahu apa–apa, kini semakin besar dan matang. Namun ada juga orangtua yang merasa takut atau cemas ketika anak mau memasuki masa transisi ini.

Menurut Cathine Neilsen-Hewett, dosen senior, Direktur Studi Akademik di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Wollongong, mengungkapkan bahwa masa transisi ke sekolah adalah waktu yang sangat penting dalam tahap kehidupan anak. Hal ini menandai tahap baru dalam kehidupan seorang anak. Terdapat bukti yang menunjukkan bahwa anak yang memiliki pengalaman sekolah yang positif sejak dini penting bagi kesejahteraan sosial, emosional anak dan prestasi akademik. Sebaliknya, anak-anak yang mengalami awal masa transisi yang tidak lancar ke sekolah lebih mungkin untuk terus mengalami kesulitan sepanjang mereka bersekolah. Lalu bagaimana orangtua dapat mendukung masa transisi anak ketika masuk sekolah?

a) Dimulai dari hari pertama di sekolah
Meninggalkan anak di sekolah untuk pertama kalinya bisa sangat emosional. Beberapa anak, mungkin ada yang langsung pergi denga percaya diri. Namun ada juga yang masih takut untuk pergi meninggalkan orangtua. Untuk mengatasinya, yakinkan bahwa mereka akan memiliki waktu yang indah dan katakan bahwa bunda akan berada di sana untuk menjemput mereka ketika pulang sekolah. Bisa juga dengan menjanjikan bunda akan menjemput di tempat yang sudah dijanjikan kepada anak. Selain itu, bunda juga bisa mengajak komunikasi kepada anak tentang bagaimana hari pertama mereka ketika di sekolah. Bunda bisa mengajukan pertanyaan yang sangat spesifik seperti; “tadi
teman-temannya siapa aja namanya?” atau “hari ini sama Bu guru melakukan apa aja?” dan sebagainya.

b) Simpan hal-hal baru seminimal mungkin
Hari pertama memulai sekolah bisa sangat melelahkan bagi anak, jadi penting untuk tidak memperkenalkan terlalu banyak hal-hal baru sekaligus. Anak-anak akan mendapatkan kenyamanan dengan caranya sendiri, jadi hindari memulai dengan memaksakan mengikuti banyak kegiatan.

c) Menjalin relasi dengan teman baru
Berhubungan dengan teman sebaya merupakan hal yang penting; memiliki teman atau belajar untuk memulai berteman sangat penting untuk melawati masa transisi. Orangtua dapat membina hubungan ini dengan mengundang anak-anak untuk bermain sepulang sekolah atau mengajak bermain bersama di akhir pekan.

d) Jangan lupa, orangtua juga perlu beradaptasi
Memulai sekolah adalah pengalaman bersama antara anak, guru kelas, orangtua dan komunitas sekolah yang lebih luas. Tak heran beberapapa orangtua yang baru mengenal lingkungan sekolah dapat juga merasa canggung dengan lingkungan yang baru. Jadi, coba luangkan waktu di hari pertama anak sekolah untuk mulai menjalin relasi dengan orangtua murid lain. Apalagi saat ini lebih mudah untuk para orangtua saling berkomunikasi. Pihak sekolah atau guru kelas biasanya akan membuat grup chat untuk para orangtua murid baru untuk mengetahui perkembangan anak-anaknya. Dengan begitu bunda pun bisa ikut saling menjalin relasi dengan para orangtua lain.

Jadi, beri anak bunda waktu untuk beradaptasi. Hal yang wajar jika terjadi “drama” selama beberapa minggu pertama masuk sekolah. Ketika anak menjadi lebih akrab dengan situasi sekolah dan kelas yang baru, koneksi antara anak dengan teman dan guru pun akan meningkat, demikian juga strategi atau cara untuk mengatasi permasalahan yang mereka hadapi.

Source:
https://theconversation.com
https://www.psychologytoday.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s