8 Topik Kencan Bersama Suami

Ditulis Oleh: Myrna Anissaniwaty, M.Psi., Psikolog 

Kencan bagi Ayah dan Bunda terkadang jadi kegiatan yang “mewah” dan berharga untuk dilakukan, terlebih setelah punya anak atau ketika dihadapkan rutinitas pekerjaan yang padat. Sekedar meluangkan waktu untuk ngobrol, atau menonton film bersama rasanya sudah terasa sangat menyenangkan. Kegiatan kencan ini sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mempererat jalinan pernikahan. Jadi, bukan hanya mendapatkan kesenangan atau keluar dari rutinitas yang menghabiskan energi saja. Dalam buku dengan judul Eight Dates yang ditulis oleh  seorang Psikolog klinis bernama John Gottman, 8 topik atau tema kencan yang bisa dilakukan agar relasi antara suami dan istri lebih kuat. 8 tema tersebut diharapkan bisa dilakukan semua agar makna pernikahan dapat lebih dihayati.

  1. Komitmen dan Percaya

Komitmen berarti kita bersedia untuk selalu ada dengan pasangan kita apapun yang terjadi. Sedangkan kepercayaan adalah dasar dari komitmen. Rasa percaya diibaratkan oksigen yang membantu hubungan untuk bernafas. Tentunya, rasa percaya tidak serta merta dibangun dalam waktu semalam. Kepercayaan dibangun dari janji yang selalu dipenuhi oleh pasangan, dan selalu hadir untuk pasangan ketika dibutuhkan. Agar dapat membangun kepercayaan dan komitmen yang kuat bisa dimulai melalui diskusi. Ajak pasangan untuk saling tanya atau membicarakan kapan terakhir kali merasa tidak percaya pada pasangan?, apa yang bisa dilakukan untuk membuktikan komitmen pasangan? dan perbedaan makna masing masing dari komitmen dan percaya

  1. Cara Tepat Menghadapi Konflik

Semua pasangan pasti pernah bertengkar. Pertengkaran bisa menjadi cara untuk mencapai hubungan yang lebih sehat khususnya untuk mengekspresikan perbedaan yang dirasakan serta mengenal lebih dalam satu sama lain. Penelitian menunjukkan pasangan yang bahagia adalah mereka yang mampu mengatasi konflik, mendengarkan keinginan pasangan  dan memahami sudut pandang pasangan. Pada tema ini, pilihlah tempat kencan yang lebih private karena bisa saja jadi berujung pada pertengkaran. Pada topik ini fokus pada bahasan mengenai perbedaan yang ada antara ayah dan bunda. Misalnya perbedaan cara bersihin rumah, mengurus anak, dll. Jika sampai terjadi pertengkaran jadikan kesempatan ini untuk menjelaskan apa yang ayah dan bunda rasakan ketika bertengkar. Carilah pemicu pertengkaran tersebut, lalu bicarakan seperti apa usaha ayah/bunda supaya berperilaku berbeda ketika kembali menghadapi konflik.

  1. Diskusi tentang seks dan kegiatan intim

Ayah dan Bunda mungkin terkadang merasa risih saat berbicara tentang seks, tapi di tema kencan ini yang penting untuk dibahas. Sebelum kencan, cari tahu terlebih dahulu kenapa muncul perasaan kagok membicarakan seks. Kuncinya ayah dan bunda perlu lebih tenang, jujur dan terbuka. Ketika mulai kencan (kalo bisa ditempat yang romantis) eksplorasi dan saling cari tahu tentang pengalaman seks ayah dan bunda, apa yang membuat terangsang, aktifitas seksual apa yang ingin dicoba namun takut mengutarakannya. Bahas juga secara spesifik bagian tubuh mana yang ayah/bunda suka kalo disentuh, atau aktifitas seksual apa yang sudah dilakukan bunda atau ayah yang menjadi favorit masing masing.

  1. Pekerjaan dan Uang

Cobalah cari tempat kencan yang tidak memakan banyak pengeluaran untuk mendukung tema ini kemudian bahas masalah yang sering muncul terkait financial. Bagaimana update tabungan ayah dan bunda, apakah ada rencana liburan. Saling memberikan apresiasi pada pasangan mengenail pengelolaan uang atau cara mendapatkan uang tersebut.

  1. Keluarga dan Anak

Membesarkan anak tentunya rentan stress, maka dari itu ayah dan bunda perlu memprioritaskan kedekatan antara ayah dan bunda agar cinta yang akan diberikan pada anak anak selalu tercukupi. Kali ini yang perlu dibahas adalah mengenai anak, mau berapa banyak? Masalah apa yang sering muncul dalam pengasuhan, bagaimana cara menghadapi atau mencegah masalah itu muncul? Usahakan untuk tidak melewati topik ini jika ayah dan bunda belum ada rencana punya anak alternatifnya bisa bahas soal pasangan, keluarga dekat atau teman dekat.

  1. Pengembangan dan Penemuan Makna Spiritual

“Change is good”, terlebih di hubungan rumah tangga perubahan pun tidak terhindarkan. Pada beberapa hubungan berakhir karena adanya perbedaan atau perubahan yang besar pada pasangan. Nyatanya, pasangan atau hubungan yang kuat justru ketika pasangan kita bisa mengakomodasi perubahannya satu sama lain dan menerima perubahan tersebut untuk membantu hubungan yang lebih matang atau dewasa. Pada topik ini, pasangan bisa saling mencari tahu apa saja tujuan pasangan yang ingin dicapai?adakah persamaan? pasangan sudah mendukung atau mengapresiasi tujuan kitakah?atau seperti apa bentuk apresiasi yang bisa menambah semangat dalam mencapai tujuan tersebut.

  1. Bermain dan bertualang

Persiapkan terlebih dahulu hal mennyenangkan apa yang bisa dilakukan, misalnya pergi ke konser? ke taman main? mengikuti kelas dansa bersama sama?atau sesimpel lari hujan hujanan bersama pasang. Jika sudah dilakukan diskusikan aktifitas tersebut. Ayah dan bunda bisa juga melakukan kencan secara spontan. Misalnya, mengambil cuti untuk kencan di pagi hari, atau kencan di tengah malam. Apa makna kegiatan tadi untuk ayah dan Bunda, dan kapan terakhir kali merasakan kesenangan seperti itu, dll

  1. Menghormati impian pasangan

Buatlah list semua impiannya ayah dan bunda, apa cerita dibalik impian tersebut, bagaimana cara pasangan kita dalam membantu atau mendukung impian tersebut. Jika bisa lebih dalem lagi, ayah dan bunda bisa membahas impian yang dipunya sejak kecil, orang tua masing masing membantu dengan cara apa, sehingga kita bisa membayangkan bagaimana cara untuk menghormati impian pasangan kita.

Dalam melakukan kencan kencan ini tidak perlu memperhatikan urutannya. Mulailah mengambil tema yang muncul dari kebutuhan masing masing. Setiap hubungan bergantung pada komunikasi yang baik. Dengan sering berkencan dan diskusi lewat topik topik diatas, kita jadi bisa merawat cinta kita dan membantu pasangan meraih mimpinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s