Anak Usia 3 Tahun = The Next Chapter of ‘Terrific Twos’

Seperti apa Si kecil saat usianya 3 Tahun?

Ditulis Oleh: Tiara Delia Madyani, S.Psi

Tahukah Ayah dan Bunda bahwa si kecil cukup kritis di usia tiga tahun? Perkembangan bahasa dan kognitif anak berkembang dengan pesat pada usia ini. Anak cepat menangkap informasi dan kata-kata yang digunakan oleh orang-orang di lingkungannnya. Anak usia tiga tahun dapat berbicara satu kalimat yang terdiri dari lima hingga enam kata. Ia juga senang bercerita dan apabila ada kata yang baru baginya maka ia akan merasa penasaran dan selalu bertanya apa arti kata itu.

Dr. Fran Walfish, Psy. D, seorang psikoterapis anak dan keluarga juga penulis The Self-Aware Parent menyatakan , “ Alasan anak usia tiga tahun lebih sulit ditangani dari anak usia dua tahun karena anak usia tiga tahun lebih pintar, lebih kuat secara fisik, dan sudah tahu apa yang ia inginkan ditambah dengan perkembangan bahasa yang lebih baik dari sebelumnya. “

blogRK

Sumber gambar: Harvard.edu

Beberapa karakteristik anak usia tiga tahun berdasarkan The American Academy of Pediatrics yaitu:

  • Anak mampu memakai dan melepas pakaiannya sendiri
  • Mampu untuk bernegosisasi dan memberikan solusi ketika menghadapi masalah
  • Lebih mandiri dan tidak lagi banyak tergantung kepada orang tua
  • Melihat dirinya sebagai individual yang memiliki tubuh, pemikiran dan perasaan sendiri
  • Seringkali belum dapat membedakan mana kenyataan dan imajinasi.

Beberapa perilaku khas anak usia tiga tahun yang sering muncul dan menjadi perhatian orang tua yaitu

Bisa melakukan semuanya sendiri

Anak usia tiga tahun sudah dapat mengatakan saya bisa ketika ia beraktivitas dan mengatakan tidak ketika ada hal yang kurang sesuai dengan keinginannya.

 Sulit diajak bernegosiasi

Pada usia tiga tahun, anak sudah mampu menyusun aturannya sendiri. Jika orang tua melanggar, maka anak bisa saja marah dan bersikeras dengan pendapatnya.  Anak sulit untuk diarahkan dan berkelit dengan pendapat yang mereka miliki. Hal ini karena pemahaman dan penggunaan bahasa pada usia ini sudah berkembang lebih baik dibandingkan pada usia dua tahun. Semakin banyak kosa kata yang anak miliki maka akan semakin pandai anak mempertahankan pendapatnya.

Sulit bersabar

Pada usia ini, anak sudah tahu apa yang ia inginkan dan tahu apa yang harus ia lakukan. Ketika bermain, anak cenderung ingin cepat bermain dengan mainan favoritnya dan tidak dapat menunggu giliran jika mainan itu sedang dimainkan oleh temannya. Selain itu, anak juga sulit untuk menahan keinginannya makan cemilan favoritnya atau membeli mainan kesukaannya. Jika hal itu tidak dipenuhi, anak ada yang menangis, marah, bahkan berguling-guling di lantai.

Lalu apa yang dapat orang tua lakukan dalam menghadapi anak di usia ini?

  1. Berikan waktu kepada anak untuk menyelesaikan tugas yang bisa ia selesaikan secara mandiri. Selain itu, berikan pujian atas tugas-tugas yang anak lakukan secara mandiri. Jika hasilnya belum sesuai harapan, beritahu anak bagaimana untuk mengerjakan tugasnya dengan baik. Secara tidak langsung, Ayah dan Bunda mengajarkan bahwa proses dalam mengerjakan sesuatu lebih penting daripada hasilnya.
  2. Jadilah orang tua yang empati. Anak akan semakin banyak berkelit dan mengatakan tidak saat kita memaksakan kehendak kita. Ajak anak untuk membicarakan apa yang ia rasakan, dengarkan hingga ia selesai. Jika sudah selesai, katakan dengan nada lembut, bantu anak mengenali emosinya, sampaikan dengan kata-kata yang sederhana yang dapat dipahami oleh anak.

 

Contohnya:

“ Ade kesal ya  karena mainannya lagi dipakai kakak. Menunggu memang lama, Ade hebat mau menunggu.”

Sumber:

https://www.sheknows.com/parenting/articles/1017025/terrible-twos-what-about-the-threes/

 

https://childrensmd.org/browse-by-age-group/toddler-pre-school/15-tips-survive-terrible-3s/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s